Oleh :

Bd. Septi Puspo Wardani

Bidan Rumah Sakit Azra Bogor

Kehamilan merupakan suatu peristiwa luar biasa yang dialami oleh seorang wanita karena selain akan menjadi seorang ibu tentunya terjadi perubahan perubahan baik fisik atau psikologis, salah satu contoh adalah pembesaran perut dan tentunya peningkatan berat badan. Walaupun demikian hamil bukan menjadi halangan untuk melakukan gerak tubuh .

Namun kondisi hamil memang menjadikan gerakan tubuh menjadi lebih terbatas , akan tetapi ibu hamil masih dapat melakukan olah tubuh , salah satu jenis olah tubuh yang sesuai adalah senam hamil. Senam hamil akan membuat ibu hamil tampil bugar, cantik dan merasa seksi sepanjang kehamilannya serta tentunya ibu hamil pun dapat menjaga kesehatan tubuh dan janin yang dikandung secara optimal.Karena gerakan senam hamil sesuai dengan banyaknya perubahan fisik seperti pada organ genital, perut yg semakin besar,mamae yang membesar dan mengakibatkan sakit pada bahu atau punggung, pengaruh hormone progesterone dan relaksin yang akan mengakibatkan sendi sendi menjadi lemas dan lain sebagainya.Olah sebab itu senam hamil sangat dianjurkan.

Senam hamil adalah terapi latihan gerak untuk mempersiapkan ibu hamil, secara fisik ataupun mental, untuk menghadapi persalinan yang cepat, aman dan spontan. Senam hamil juga merupakan olahraga yang dilakukan oleh ibu hamil untuk mempersiapkan ibu hamil dalam menghadapi persalinan dengan cara melatih teknik pernafasan dan sikap tubuh serta melatih otot-otot yang akan berguna dalam proses persalinan sehingga diharapkan ibu hamil siap menghadapi persalinan secara fisik atau mental.

Sebelum melakukan senam hamil ada baiknya kita mengetahui manfaat dari senam hamil tersebut, antara lain :

  • Senam hamil melatih berbagai tehnik pernafasan yang penting dan berguna pada saat persalinan sehingga persalinan berjalan lancar,
  • Melatih sikap tubuh yang baik sehingga dapat memperingan sakit misalnya pada pinggang / punggung dan lipat paha
  • Ibu hamil juga mendapat informasi seputar kehamilan & persiapan dalam menghadapi persalinan.
  • Dapat memanfaatkan tenaga dan kemampuan dengan efektif sehingga proses persalinan normal berlangsung relatif cepat.
  • Mempersiapkan stamina sebelum melahirkan
  • Mengurangi ketegangan fisik dan mental yang dapat mempengaruhi proses persalinan
  • Mengetahui tekhnik relaksasi yang sangat berguna pada saat persalinan
  • Mengembalikan bentuk tubuh (setelah persalinan) ke keadaan sebelum hamil lebih cepat

Pada ibu hamil sangat dibutuhkan tubuh yang sehat dan bugar, oleh karena itu selain senam hamil dianjurkan makan teratur dan cukup istirahat . Dengan tubuh bugar dan sehat, ibu hamil tetap dapat menjalankan tugas rutin sehari-hari dan dapat menurunkan stres akibat rasa cemas yang dihadapi menjelang persalinan.

Kapan dianjurkan mengikuti senam hamil?

Jika kandungan mencapai 6 atau 7 bulan ke atas bisa mulai melakukan senam hamil, kecuali ada kelainan tertentu pada kehamilan. Sebelum mengikuti senam hamil, dianjurkan mendiskusikan kondisi kehamilan dengan dokter atau bidan. Senam hamil juga merupakan sarana berbagi informasi antara sesama ibu hamil atau dengan instruktur .

Di rumah sakit azra instruktur-instruktur senam hamil juga bertugas sebagai bidan di ruang bersalin yang akan mendampingi proses persalinan ,sehingga akan terjalin hubungan yang dekat serta kepercayaan dan menjadi salah satu factor yang dapat menurunkan strees akibat rasa cemas yang dihadapi menjelang persalinan. RS Azra juga membuka kelas senam hamil dari senin sampai minggu (setiap hari, kecuali hari libur nasional) mulai pukul 09.00 Wib sampai dengan selesai, sehingga ibu ibu hamil baik yg tidak bekerja ataupun yang bekerja dapat melakukan senam hamil dengan optimal.

Dengan demikian ibu ibu hamil yang mengikuti senam hamil diharapkan dapat menjalani proses persalinan dengan lancar, dapat memanfaatkan tenaga dan melakukan tehnik relaksasi sebaik-baiknya sehingga proses persalinan normal dapat berlangsung relatif cepat.

sumber gambar : alodokter.com

 

Leave a reply